Perjalan Mengambil Data & Data Visi Misi FKM UI

5:06 PM 0 Comments

PERJALANAN MENGAMBIL DATA



          Cerita ini dimulai pada hari jumat tanggal 30 oktober, setelah jam matakuliah berakhir, kami pun berencana untuk sholat jumat berjamaah di masjid brimob. Di kawasan brimob tersebut terdapat sebuah koperasi bernama "Koperasi Teratai Brimob", setelah sholat jumat selesai, saya pun beranjak ke koperasi tersebut sambil makan siang bersama di kantin brimob tersebut, setelah memesan makanan, saya ke salah satu tempat usaha koperasi tersebat untuk bertanya-tanya, namun ketika saya bertanya, kesan pegawainya seakan-akan tidak ingin memberikan informasi dan kurang bersahabat, sehingga akhirnya saya pun mengucapkan terima kasih, dan memutuskan mencari koperasi yang lain. Hari jumat berikutnya saya pun menemukan koperasi selanjutnya, yaitu koperasi "KSP Graha Arthamas" yang berlokasi di kelapa dua, tepatnya di depan brimob. Kami pun masuk dan bertanya pada pegawai yang ada disana dan memberitahukan tentang kepentingan kami, namun pegawai tersebut menyuruh kami untuk datang lagi hari senin pagi untuk bertemu dengan pegawai lainnya yang paham soal itu. Hari senin berikutnya kami datang setelah jam matakuliah 1-2 berakhir, karena masih ada waktu kosong sebelum jam matakuliah ke 3-4. Kami langsung ke lokasi setelah dosen keluar, di koperasi tersebut kami bertemu dengan pegawai koperasi tersebut dan menyatakan lagi kepentingan kami untuk meminta data apa saja yang bisa di berikan, namun pegawai tersebut menyatakan bahwa mereka tidak punya data-data yang kami minta, baik itu secara hardcopy ataupun softcopy, yang ada hanya brosur, akhirnya kami memutuskan untuk mengambil data dengan metode wawancara, di mulai dari waktu berdirinya koperasi,visi misi, jumlah pegawai dll. Dari wawancara tersebut kami mendapat informasi bahwa koperasi tersebut merupakan cabang dari koperasi yang ada di Nganjuk Jawa Timur, didirikan di depok pada tahun 2008 dan beropasi hingga saat ini.

          Karena data yang terkumpul hanya sedikit sedangkan data itu sendiri harus di bagi 5 untuk kami posting sebagai tugas softskill, akhirnya kami memutuskan tuk mencari koperasi lain yang datanya lebih banyak dan cukup tuk kami bagi. Sebenarnya ada beberapa koperasi lain yang jadi alternatif kami, namun persyaratannya cukup ribet, dengan surat izin dll, sedangkan pengurusan surat izin sendiri butuh waktu seminggu. Hari selasa minggu berikutnya setelah jam matakuliah berakhir, saya ikut bersama kelompok lain untuk mengambil data di kampus UI, di mulai dari makan siang bareng di Pocin hingga semua anggota mereka terkumpul, kami mulai untuk pergi mencari data pada fakultas-fakultas di UI, namun hujan turun dengan derasnya, hingga membuat kami harus berteduh. Karena kami ada 2 kelompok yang pergi mengambil data, kami akhirnya membagi fakultas mana yang kami datangi, kelompok yang saya ikuti mendapat Fakultas MIPA, sedangkan kelompok lainnya mendapat Fakultas FISIP, setelah lelah bertanya letak koperasi tersebut, akhirnya kami menemukannya dan langsung masuk dan bertanya tentang permintaan pengambilan data kami. Ternyata koperasi yang kami datangi merupakan koperasi karyawan Fakultas MIPA sehingga mereka perlu menanyakannya lagi ke atasan mereka, dan memberitahukan bahwa nanti akan di berikan pemberitahuan, pencarian hari ini akhirnya kami putuskan selesai,dan satu persatu dari kami beranjak pulang. Setelah sampai dirumah, saya mencari informasi koperasi apa saja yang ada di UI dan masih perlukah kelompok saya untuk mencari koperasi lagi untuk mengambil data.

          Akhirnya kami sekelompok sepakat untuk mengambil data lagi, dengan tujuan koperasi yang ada di Fakultas Hukum di UI. Setelah jam matakuliah berakhir kami berkumpul bersama kelompok lainnya untuk mengambil data koperasi lagi di UI, Tempat berkumpulnya adalah kantin Pocin, setelah semua siap, kami berangkat ke fakultas tersebut menggunakan bis kuning UI, namun kami salah lokasi turun sehingga kami kembali lagi naik bis kuning berikutnya. Karena banyaknya penumpang yang naik, akhirnya saya memutuskan turun di halte  Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Namun tidak semua dari kelompok kami turun, hanya saya dan teman saya dari kelompok lain, sedangkan anggota kelompok saya yang lain masih di dalam bis tersebut, karena banyaknya penumpang hingga kesulitan untuk turun, dan mereka memberi kabar akan turun halte berikutnya dan langsung ke lokasi saya. Akhirnya saya bertanya ke pos satpam di FKM tersebut tentang letak koperasi fakultas tersebut, awalnya mereka memberikan informasi letak koperasi tersebut di lantai 2 gedung tersebut, dan saya kembali bertanya apakah itu koperasi karyawan, dan satpam tersebut menjawab iya, dan saya bertanya kembali tentang letak Koperasi Mahasiswa yang ada di fakultas tersebut. akhirnya satpam itu pun memberitahu arahnya, dan saya mengucapkan terimakasih atas informasinya. Setelah mengikuti petunjuk yang diberikan Pak Satpam tadi sampailah kami di Kopma tersebut, ruangannya tidak besar, malah seperti tempat usaha di mana ada barang yang di dagangkan dan ada komputer untuk keperluan jasa print tugas dll. Kami akhirnya bertemu dengan penjaga koperasi tersebut sambil membeli minuman, namun penjaga koperasi tidak mengerti maksud kami dan akhirnya penjaga tersebut memanggil salah satu anggota koperasi tersebut, akhirnya saya bertemu dan berkenalan dengan anggota Kopma tersebut dan mengutarakan keinginan kami, dan anggota Kopma tersebut dengan ramah menawakan kami data dalam bentuk softcopy tentang Grand Design koperasi tersebut, dari pembicaraan yang saya dengar ternyata mereka sudah berada pada tingkat akhir dan sementara menyelesaikan skripsi, Setelah data kami dapatkan, kami mengucapkan terima kasih dan beranjak kembali pulang. Data yang kami dapatkan tidak sempurna karena flashdisk yang rusak dan hanya beberapa data saja yang bisa kami pakai untuk tugas kami. Data yang ada kami bagi berlima, setelah semua mendapat data, berakhirlah perjalan kami dengan tenang dan gembira.





VISI MISI KOPMA FKM UI

 Visi : SHARE


-Salute
  Kopma menjadi lembaga yang dihormati dan dipandang oleh lembaga lain baik di FKM
  maupun diluar FKM.

-Harmony
  Kopma menjadi lembaga yang memiliki kerukunan, baik di level internal, maupun
  menjadi harmonisasi di level eksternal kopma.

-Advantage
  Kopma menjadi lembaga yang memiliki keuntungan dan kebermanfaatan, bagi anggota,
  pengurus, karyawan, maupun masyarakat FKM

-Regenerate
  Kopma mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dalam segi soft skill dan dapat
  digunakan bagi kehidupan selanjutnya

-Empowering
  Kopma menjadi lembaga yang mendaya gunakan segala potensi dan kemampuan
  yang dimiliki oleh anggota, pengurus dan karyawan



Misi : 4 U!


-Unity Team
  Kopma memiliki kesatuan yang utuh dari seluruh anggota, pengurus dan karyawan

-Usefull Competence
  Anggota, pengurus dan karyawan kopma memiliki kompetensi yang berguna dalam
  menunjang proker kopma dalam satu tahun ke depan

-Understanding Each Others
  Kopma menjadi lembaga yang mengerti kebutuhan anggota, pengurus, karyawan,
  maupun masyarakat FKM UI

-Utilities For The Best
  Kopma memiliki dan menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang
  kebutuhan organisasi


 Nama Kelompok :
 1. Muhammad Mauludin / 27214410
 2. Megawati Simbolon / 2D214164
 3. Muhammad Akbar Farhan P / 2721406
 4. Neng Tita Purwasih / 27214894
 5. Nisrinah Zhataismah / 2D214169

















Unknown

Life is Mystery

0 comments: